Rian D. Saputra Orang yang mencoba untuk tetap konsisten dalam hal positif.

Cara Bootable Flashdisk Rufus

1 min read

Menjadikan flashdisk sebagai usb bootable adalah cara yang ampuh jikalau media seperti Disk DVD tidak tersedia, kalai ini saya akan sharing cara membuat bootable usb menggunakan Rufus.

Selain lebih efisien digunakan, USB bootable windows juga bisa kalian gunakan berulang-ulang kali. Sebenarnya selain Rufus, sudah banyak software yang bisa kamu gunakan untuk membuat usb bootable, diantaranya seperti Universal USB installer, WINSETUP FROM USB, Windows bootable image creator, dan lain sebagainya.

Tapi yang akan kita bahas kali ini dengan menggunakan Rufus, karena menurut saya Rufus merupakan software pembuat usb bootable terbaik dan termudah saat ini.

Salah Satu Kelebihan Rufus

  • Gratis dan Open Source.
  • Portable, bisa langsung digunakan tanpa harus menginstall.
  • Ukuran file kecil (dibawah 2 MB).
  • Ringan dan mudah digunakan.
  • Proses pembuatan bootable sangat cepat.
  • Mendukung pembuatan bootable untuk banyak sistem operasi, diantaranya Windows, Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot CD, LiveXP, Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE[/link], Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD.

Cara menggunakan Rufus

  1. Siapkan aplikasi Rusuf-nya, Saya menggunakan Versi 3.4 itu yang akan saya terapkan di tutorial ini. Saat ini versi terbarunya yaitu Rufus 3.8. (Link Download Rufus)
  2. Jalankan Rufus yang sudah kamu download tadi, tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini :
  3. Sambungkan flashdisk ke komputer, secara otomatis Rufus akan mendeteksi perangkat removeable device. Lihat di bagian Device untuk memilih flashdisk yang sobat gunakan.
  4. Pada menu Boot selection, pilih Disk or ISO image dan klik tombol select untuk mencari file ISO yang akan kamu jadikan bootable di USB.
  5. Cari file ISO di harddisk kamu, pada contoh ini saya menggunakan file ISO windows 10 32bit kemudian klik tombol Open.
  6. Jika sobat sudah memilih file ISO, maka menu yang berada dibawahnya akan aktif dan bisa kalian rubah.
    • Partition Schema => Kamu bisa memilih antara GPT dan MBR,kalau sobat tidak tahu perbedaannya biarkan saja GPT
    • Volume Label => Nama flashdisk, rubah sesuai keinginan
    • File System => Default file system untuk flashdisk yaitu FAT32, tapi kamu bisa merubahnya menjadi NTFS jika diperlukan.
  7. Klik tombol start untuk melanjutkan.
  8. Akan muncul peringatan semua data akan hilang karena di format, pastikan kalian sudah memindahkan semua data penting yang berada di flashdisk. Jika sudah klik OK untuk melanjutkan.
  9. Tunggu prosesnya sampai selesai.
  10. Jika proses bar yang berwarna hijau sudah penuh dan bertuliskan READY, menandakan pembuatan USB bootable sudah selesai dan siap digunakan.

Enjoy, Bootable Flashdisk mu sudah siap digunakan.

Sekarang flashdisk kalian sudah bisa digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi, seperti contoh diatas saya membuat bootable untuk menginstal Sistem Operasi Windows 10 pada laptop.

READ  Cara Flashing Realme 6 Pro RMX2061

Setting BIOS pada bagian Boot Device Priority tempatkan USB Flashdisk di paling atas. Atau bisa juga dengan menekan Shortcut Boot Device Option pada saat Booting komputer atau laptop, Untuk Shortcut nya berbeda – beda, tergantung dari merk mainbloard di perangkat Laptop atau Komputer kalian.

Itulah cara menggunakan Rufus terbaru untuk membuat USB bootable windows, cara diatas bisa kamu gunakan juga untuk pembuatan bootable linux dan yang lainnya.

Avatar
Rian D. Saputra Orang yang mencoba untuk tetap konsisten dalam hal positif.

2 Replies to “Cara Bootable Flashdisk Rufus”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *